Friday 24 June 2016

Pengertian Penyakit Vertigo dan Cara Penyembuhannya

Mengenal Penyakit Vertigo dan Pengobatannya

Pengertian Vertigo
Vertigo adalah dimana penderita merasa pusing disertai pengelihatan kabur dan berputar saat melihat benda yang ada disekitarnya
Serangan vertigo dapat dibedakan menjadi serangan vertigo ringan dan vertti berat dimana jika penderita mengalami vertigo ringan penderita hanya merasa pusing berputar berkala dan dapat melakukan aktifitasnya jika oenderita mengalami vertigo berat penderita sudah tidak dapat melakukan kegiatannya dan harus diparikan ke rumah sakit

Gejala vertigo
1.Pusing berputar
2.Sukar berjalan
3.mual
4.muntah
5.berkeringat, kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tidak normal)



Penyebab Vertigo 
1. Gangguan pada telinga bagian dalam

Sebagian besar kasus penyakit vertigo terjadi ketika penderitanya tiba-tiba mengubah posisi kepala, seperti ketika bangun atau berdiri dengan cepat. Vertigo jenis ini diakibatkan karena adanya masalah yang terjadi di telinga bagian dalam, yang dikenal dengan sebutan Vertigo Posisi Paroksismal Jinak ( Benign Paroxysmal Positional Vertigo / BPPV ). Inilah penyebab vertigo paling utama yang sering dijumpai.

Rasa pusing akibat Vertigo Posisi Paroksismal Jinak biasanya menghilang dalam beberapa menit. Gejala BPPV dapat dipicu oleh perubahan posisi kepala ketika tidur, berbaring, membalik atau duduk di tempat tidur. Penderitanya juga mungkin mengalami ketidakseimbangan ketika berdiri atau berjalan. Meskipun BPPV bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, tetapi jarang menjadi sangat serius, kecuali kemungkinan untuk menyebabkan penderitanya jatuh.

2. Penyakit sistem saraf pusat

Sistem saraf pusat mengatur keseimbangan tubuh. Gangguan sistem saraf pusat yang diakibatkan oleh penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo. Solusi mengatasi penyakit vertigo jenis ini adalah dengan mengatasi penyakit penyebabnya serta dengan perbaikan sistem saraf pusat

3. Peradangan atau infkesi akibat virus dan bakteri

Peradangan atau Infeksi virus seperti pilek, flu, ataupun peradangan lainnya dapat mempengaruhi telinga bagian dalam sehingga akhirnya dapat mengakibatkan vertigo.

4. Masalah Penglihatan

Mata manusia membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh, sehingga ketika ada masalah pada penglihatan, maka dapat menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh lalu memicu penyakit vertigo.

5. Penyakit Meniere

Penyakit Meniere merupakan penyakit langka yang menyebabkan telinga bagian dalam kebanjiran cairan yang mempengaruhi keseimbangan. Rasa pusing dapat berlangsung selama setengah jam atau lebih lama.

Penyakit ini bisa menyebabkan vertigo yang sangat parah, dimana penderita juga bisa mengalami kehilangan pendengaran.

Jika Anda menderita penyakit Meniere, serangannya akan datang secara tiba-tiba selama berjam-jam bahkan berhari-hari yang sering menyebabkan mual dan muntah.

Penyebab penyakit ini belum diketahui, tapi gejala-gejalanya bisa dikendalikan dengan pola makan serta obat yang tepat dan jarang membutuhkan operasi sebagai tindak lanjut.

6. Migren

Jangan anggap sepele migrain, karena migren selain menyebabkan sakit kepala dapat juga mempengaruhi penglihatan. Vertigo yang disebabkan oleh penyakit migren bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa hari.

Untuk mengatasi vertigo jenis ini, maka Anda harus menghindari pemicu migrain, dan obatilah migrain Anda sebelum berkembang menjadi vertigo.



7. Cedera Bagian Kepala

Penyakit vertigo juga terkadang bisa timbul akibat cedera pada kepala. Segeralah memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit jika terjadi gejala-gejala vertigo, setelah Anda mengalami cedera kepala.

Tidak Semua Pusing Adalah Vertigo

Tidak semua rasa pusing merupakan jenis vertigo. Pusing atau perasaan berputar ringan belum tentu disebabkan oleh vertigo. Tapi bisa saja karena tekanan darah rendah, lapar, atau kecemasan.


Pengobatan Penyakit Vertigo
Rubah Gaya Hidup

Gaya hidup sehat akan memberikan pengaruh yang sangat besar untuk gangguan vertigo. Beberapa orang yang sudah mengalami masalah dengan vertigo bisa melakukan beberapa tips dibawah ini :

Jika sering mengalami serangan vertigo singkat maka cobalah untuk membawa tongkat untuk membantu keseimbangan badan jika terkena serangan. Anda bisa mencobanya di rumah maupun di tempat umum.
Jika sering mengalami serangan vertigo maka cobalah untuk duduk di manapun serangan itu terjadi dan minta bantuan kepada orang terdekat.
Hindari tempat umum yang ramai dan penyebab dada sesak karena bisa memicu serangan vertigo.
Hindari membawa komputer atau gadget di dalam kendaraan.
Persiapkan diri ketika harus bepergian dengan pesawat sementara Anda memiliki gangguan infeksi telinga atau penyakit sinusitis.
Hindari tempat ramai yang memutar musik terlalu keras dan efek cahaya yang terlalu kuat.
Konsumsi makanan ringan ketika sedang berada di kendaraan.
h. Konsumsi cukup air setiap hari untuk menghindari efek kekurangan air putih yakni dehidrasi.
Berhenti untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung bahaya alkohol dan bahaya kafein.
Jika memiliki kebiasaan merokok maka mulailah untuk berhenti dari sekarang.
Jangan langsung bangun ketika baru saja bangun tidur karena bisa menyebabkan serangan pusing dalam waktu mendadak dan memicu vertigo.
Jika mendapatkan serangan vertigo maka cobalah untuk segera beristirahat sejenak baik duduk atau berbaring.
Perawatan Tradisional

Selain melakukan beberapa tips diatas maka anda juga bisa mencoba untuk melakukan beberapa perawatan tradisional seperti dibawah ini :

1. Teh dan Jahe

Jahe menjadi salah satu obat yang sangat ampuh untuk mengatasi kepala sering pusing, vertigo, serta mual dan muntah karena sakit kepala berlebihan. Anda bisa mencoba untuk membuat teh panas dengan gula sedikit kemudian tambahkan beberapa potong jahe mentah yang sudah bersih. Minuman ini akan membuat sakit kepala menjadi berkurang, mengurangi rasa mual dan muntah serta mengatasi masalah tekanan darah.

Jahe juga merupakan rempah yang baik untuk :

cara mengobati asam lambung
cara menghilangkan amandel
makanan sehat untuk paru paru perokok
2. Madu dan Ketumbar

Anda bisa mencoba untuk membuat ramuan madu dan ketumbar dengan cara menyeduh biji ketumbar. Rendam dalam air selama 24 jam kemudian ambil airnya. Anda juga bisa menghangatkan airnya kemudian mencampurnya dengan madu serta minum selagi masih hangat. Bisa juga ditambahkan perasan air jeruk lemon agar minuman terasa lebih segar.

3. Stroberi dan Yogurt

Stroberi dan yogurt bisa menjadi tambahan kebutuhan nutrisi yang sangat baik untuk penderita vertigo. Anda bisa mencoba dengan mengambil beberapa buah stroberi yang masih segar kemudian campur dengan yogurt. Konsumsi campuran yogurt dan stroberi selama dua kali dalam seminggu dan rasakan khasiatnya.

Yogurt ini merupakan makanan sehat untuk :

makanan penurun kolesterol
cara menghilangkan bau mulut
4. Susu dan Kacang Almond

Kacang almond bisa menjadi obat yang sangat nikmat untuk penderita vertigo. Anda bisa mencoba membuat campuran susu dan kacang almond dengan cara, menggiling kacang almond yang sudah matang. Kemudian campurkan dengan segelas susu hangat. Kacang almond dan susu hangat akan membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga bisa meringankan vertigo.

Susu dan kacang almond ini juga bisa dikonsumsi sebagai :

makanan yang mengandung kalium
makanan sehat untuk penderita stroke
5. Jus Lemon

Jus lemon bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan untuk penderita vertigo. Anda bisa mengkonsumsi jus lemon segar dan campurkan taburan lada hitam di atasnya. Aduk minuman ini kemudian minum secara perlahan. Efek jus lemon yang segar dan lada hitam yang menyejukkan akan mengurangi rasa sakit kepala dan mual atau muntah.

Makanan untuk Penderita Vertigo

Selain melakukan beberapa langkah perawatan, ternyata nutrisi makanan tertentu juga bisa membantu mengurangi vertigo. Konsumsi beberapa jenis nutrisi makanan tertentu seacara

0 comments:

Post a Comment