Sunday 8 May 2016

Pengertian Demam


Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas 37.5 derajat celsius. Infeksi ringan hingga parah bisa menyebabkan demam. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di bawah sinar  matahari atau karena penyakit seperti hipertiroidisme dan artritis.
Demam dianggap sangat tinggi dan berpotensi berbahaya jika suhu tubuh mencapai 39° celcius atau lebih. Suhu tubuh yang sangat tinggi menandakan terjadinya infeksi yang serius di dalam tubuh.

Demam sering kali akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tapi untuk mengobati demam yang lebih parah, beberapa obat-obatan penurun panas bisa dibeli secara bebas di apotek. Baca aturan pakai dan ikuti dosis yang dianjurkan.
Gejala yang menyertai demam tergantung kepada penyebab demam itu sendiri. Berikut ini adalah contoh gejala yang bisa menyertai demam:
§  Berkeringat dingin
§  Menggigil
§  Sakit pada telinga
§  Diare dan muntah-muntah
§  Sakit otot
§  Kehilangan selera makan
§  Merasa kelelahan
Pemeriksaan suhu tubuh yang paling tepat adalah menggunakan termometer. Jangan mengandalkan rabaan tangan untuk memastikan demam atau tidak. Demam belum tentu menjadi kondisi yang serius, tapi ada beberapa situasi yang memerlukan bantuan medis secepatnya. Berikut ini adalah gejala-gejala lain yang perlu diwaspadai:
§  Sakit kepala yang parah
§  Muntah-muntah secara terus-menerus
§  Mata menjadi sensitif terhadap cahaya terang
§  Ruam yang muncul dan menyebar dengan cepat
§  Leher terasa kaku dan sakit saat menunduk
§  Sesak napas dan sakit di dada
§  Sakit saat buang air kecil
§  Gerakan otot dan panca indera melemah
Tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, makin jarang buang air kecil, detak jantung yang lebih cepat, dan tingkat kesadaran yang menurun.
Segera hubungi dokter atau ke rumah sakit jika Anda mengalami gejala-gejala di atas. Selain itu, jika demam Anda di atas 39.3° celcius  atau jika telah berlangsung selama lebih dari tiga hari, periksakan diri Anda ke dokter. Demam yang Anda alami bisa karena penyakit atau infeksi yang lebih serius.
Suhu tubuh manusia dapat berubah-ubah. Suhu tubuh akan lebih rendah di pagi hari dan meningkat pada sore dan malam hari. Suhu tubuh rata-rata orang adalah 37° celcius. Pada umumnya, suhu tubuh yang normal berada di antara 36,5-37,5° celcius. Beberapa hal yang memengaruhi suhu tubuh adalah aktivitas olahraga dan siklus menstruasi.
Berikut ini adalah penyebab demam yang pada umumnya sering terjadi:
§  Pasca imunisasi, misalnya setelah menerima vaksin pneumokokus atau vaksin TB(tuberkulosis).
§  Berbagai macam infeksi virus dan bakteri seperti sakit tenggorokankeracunan makananmeningitistifusdisentricacar air, dan infeksi saluran kemih.
§  Infeksi akibat gigitan nyamuk seperti demam berdarahmalaria dan chikungunya.
§  Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresan.
§  Berdiri terlalu lama di bawah sinar matahari.
§  Penyakit seperti artritis dan hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif).
§  Kanker, misalnya leukimia, kanker hati, dan kanker paru-paru.
Berikut beberapa obat-obatan untuk mengatasi demam akibat infeksi:
§  Aspirin. Obat ini khusus untuk orang dewasa. Jangan diberikan pada anak-anak. Obat ini bisa memicu terjadinya sindrom Reye, yaitu penyakit yang bisa memengaruhi otak dan juga hati. Aspirin dapat dibeli tanpa memerlukan resep dokter.
§  Parasetamol dan ibuprofen. Orang yang mengalami demam bisa merasa tidak nyaman. Minum obat sesuai dosis dan aturan pakai atau sesuai anjuran dokter. Penggunaan parasetamol dalam jumlah banyak dan jangka panjang bisa merusak hati atau ginjal. Kedua obat ini bisa dibeli langsung di apotek.
§  Antibiotik. Obat ini diberikan sesuai resep dari dokter jika terdapat kecurigaan adanya infeksi bakteri yang menyebabkan demam, misalnya pneumonia.
§  Antivirus. Obat ini biasanya tidak diperlukan karena infeksi virus akan dilawan oleh kekebalan tubuh tubuh. Obat ini hanya diberikan jika risiko komplikasi pada penderita terhitung tinggi. Cara penanganan terbaik untuk sakit ringan yang disebabkan virus adalah dengan banyak minum air dan beristirahat dengan cukup.
Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu meredakan demam:
§  Istirahat cukup. Anda butuh beristirahat yang cukup untuk memulihkan diri dan membantu kekebalan tubuh. Terlalu banyak beraktivitas dapat meningkatkan suhu tubuh Anda.
§  Gunakan pakaian yang tipis dan berada di ruangan dengan udara yang sejuk.
§  Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Demam bisa menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan.

0 comments:

Post a Comment