Wednesday 25 May 2016

Sistem pencernaan manusia dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia

  Sistem pencernaan manusia Berfungsi memecah bahan bahan makanan menjadi sari-sari makanan yang siap diserap dalam tubuh.Proses pencernaan melibatkan alat-alat pencernaan yang terdapat saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.   

1.MULUT
     Didalam mulut terjadi pencernaan secara mekanis dan kimiawi.Didalam mulut terdapat gigi,lidah,dan kelenjar ludah.
      a.Gigi
         Manusia memiliki empat gigi sebagai berikut:
  • Gigi seri berfungsi memotong dan mengigit makanan
  • Gigi taring berfungsi untuk mencabik dan mengoyak makanan
  • Gigi geraham depan berfungsi mengunyah dan melumatkan makanan
  • Gigi geraham belakang juga berfungsi mengunyah dan melumatkan makanan
     b.Lidah
        Lidah memiliki  fungsi sebagai berikut:
  • Membantu proses menelan 
  • Mencampur makanan dalam mulut
  • Mengecap atau merasakan makanan
  • Membantu mengatur letak makanan dalam mulut
   c.Kelenjar ludah
      Kelenjar ludah ada tiga yaitu kelenjar parotis,kelenjar submandibularis,dan kelenjar sublingualis.Kelenjar ludah memproduksi air liur atau saliva.Dalam air liur mengandung enzim ptialin yang dapat mengubah amilum menjadi maltosa.Air liur juga berfungsi untuk membasahi makanan,mencehag mulut dari kekerungan,membunuh mickroorganisme dan bertindak sebagai buffer (penyangga pH)

2.Esofagus (Kerongkongan)
    Kerongkongan merrupakan saluran berotot yang berrdinding tipis dan dilapisi oleh selaput lendir.Kerongkongan menghubungkan mulut dengan lambung.Dari mulut bolus didorong masuk ke lambung melalui kerongkongan oleh gerakan kontraksi dan relaksasi otot ritmik secara kimiawi

3.Lambung
   Lambung merupakan organ otot berongga yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu kardia,fundus,dan pilorus.Sel-sel yang melapisi dinding lambung menghasilkan getah lambung yag berperan dalam pencernaan secara kimiawi
macam-macam getah lambung dalam pencernaan secara kimiawi:
  • asam klorida (HCl) berfungsi menciptakan suasana asam yang dipelukan untuk mengubah pepsin menjadi pepsinogen serta untuk membunuh kuman yang masuk bersama makanan
  • Enzim pepsin berfungsi untuk menghidrolis protein menjadi pepton
  • Enzim renin berfungsi untuk meengendapkan protein susu dari susu
  • Mesin berfungsi melindungi sel-sel epitel lambung dari kerusakan oleh lambung dan enzim
4.Intestinum (Usus Halus)
   Dalam usus halus proses pencernaan lemak dan protein dituntaskan dan hasil hasil pencernaan diabsorpsi oleh vili usus halus.Usus halus berupa tabung yang panjangnya 6-8 meter,terdiri dari tiga bagian yaitu duodenum,jejenum,dan ileum
   Pada dindinh usus halus terdapat vili dan mickrovili yang berfungsi memperluas permukaan usus halus.vili tersusun dari pembuluh darah,pembuluh limfa dan sel golbet.Dinding usus halus banyak mengandung kelenjar mukosa halus yang menghasilkan 3 liter getah per hari.
  • Insulin berfungsi sebagai mempertahankan kesetabilan gula darah
  • Tripsinogen diaktifkan oleh enterokinase menjadi tripsin,berfungsi memecah protein menjadi pepton
  • Amilasi mengubah amilum menjadi maltosa
  • Lipase mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
   5.Kolon (Usus Besar)
      Usus besar dibagi menjadi kolon naik,kolon mendatar,dan kolon menurun.pada pertemuan antarausus halus dan usus besar terdapat usus buntu dan umbai cacing.
      Fungsi kolon memproses sisa-sisa makanan yang tidak tercerna agar mudah dikeluarkan dan menyerap air dari sisa-sisa makanan tersebut.Didalam kolon terdapat bakteri pembusuk.Bagian akhir dari kolon terdapat rektum.Disini tidak terjadi penyerapan apapun rektum dapat berkontraksi sehingga menimbulkan defaksi.Defaksi adalah pengeluaran zat sisa makanan melalui anus



Penyakit Sistem Pencernaan Manusia

Paratitis
Paratitis atau yang biasa disebut dengan penyakit gondok biasanya disebabkan oleh virus. Hal ini merupakan suatu kondisi, yaitu terjadinya infeksi pada kelenjar parotis.
Gastritis
Merupakan suatu peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa (lender) dinding lambung. Penyebabnya ialah penderita memakan yang mengandung kuman penyakit. Kemungkinan juga karena kadar asam klorida (HCL) pada lambung terlalu tinggi.
Diare
Diare adalah penyakit atau keadaan di mana si penderita mengalami buang air besar bercampur air berkali-kali. Penyebab diare yaitu peradangan usus oleh penyakit lain seperti kolera dan disentri. Seringkali diare juga disebabkan oleh virus, bakteri, alergi atau tidak tahan makanan tertentu, atau kurang gizi. Jenis Jenis Penyakit Pada Saluran Pencernaan
Hepatitis
Hepatitis merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi virus pada hati. Virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui air atau makanan.
Konstipasi atau Sembelit
keadaan sulit buang air besar pada seseorang. Ini bisa disebabkan karena penyerapan air di dalam usus besar yang berlebih, sehingga feses menjadi keras. Perasaan stres dan takut juga dapat memicunya.
Apendisitis
Apendisitis merupakan gangguan yang terjadi karena peradangan apendiks. Penyebabnya ialah adanya infeksi bakteri pada umbai cacing (usus buntu). Akibatnya, timbul rasa nyeri dan sakit.
Radang Usus Buntu
Terjadi infeksi pada usus buntu. Gejalanya sakit pada perut sebelah kanan bawah. Radang terjadi jika lubang antara usus buntu dan usus besar menaik tersumbat lalu tertutup. Penyumbatannya bisa lendir atau benda keras seperti biji terung atau cabe. Karena tersumbat atau tertutup, bakteri dalam usus buntu membuat dinding usus buntu terinfeksi. Untuk menyembuhkannya biasanya dilakukan operasi, yaitu memotong usus buntu. 
Demam Tifoid
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhi. Bakteri ini ditularkan terutama melalui air atau makanan yang tercemar. Korban demam tifoid membuang bakteri dalam feses dan urinenya. Orang sehat tapi pembawa bakteri penyakit bisa menularkan penyakit ini melalui fesesnya.
Malnutrisi
Penyakit ini sangat berbahaya, yaitu kwashiorkor karena penyakit ini dapat mengakibatkan sel-sel pankreas atropi (penyusutan organ) dan kehilangan banyak retikulum endoplasma. Akibatnya, pembentukan beberapa enzim pencernaan dapat terganggu.

0 comments:

Post a Comment